Minggu, 01 Mei 2016

Organ internal

Organ adalah kumpulan jaringan yang memiliki peran khusus yang dimainkan dalam tubuh manusia. Setiap organ tubuh memiliki fungsi penting untuk dimainkan. Organ juga bekerja sama secara erat untuk membentuk sistem organ, seperti sistem pencernaan atau sistem peredaran darah.
Berikut adalah beberapa informasi tentang organ paling penting dari tubuh manusia, dimulai dengan kepala, dan terus ke bawah.

Otak

Otak
Otak adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia dan bertanggung jawab atas tindakan utama yang dilakukan oleh tubuh. Otak ini dilindungi oleh tengkorak dan tertutup dalam tempurung kepala yang menjaganya agar tetap sangat aman, karena merupakan pusat sistem saraf. Struktur otak manusia dapat dibandingkan dengan mamalia lain, tetapi itu adalah tiga kali lebih besar dan lebih maju daripada mamalia lainnya. Otak membantu tubuh mengaktifkan otot dan mensekresikan bahan kimia yang memungkinkan tubuh untuk menanggapi rangsangan eksternal. Otak manusia melakukan fungsi eksekutif juga, seperti pengendalian diri, perencanaan, penalaran, dan berpikir abstrak, yang membuat manusia adalah spesies paling cerdas di bumi.

Kelenjar pineal

pineal
Kelenjar pineal adalah kelenjar endokrin penting berwarna
abu-abu  kemerahan yang hadir dalam otak. Kelenjar pineal seukuran sebutir beras dan terutama terdiri dari sel-sel khusus yang disebut pinealocytes. Salah satu hormon yang paling penting yang disekresikan oleh kelenjar pineal adalah melatonin, yang bertanggung jawab untuk mempengaruhi perkembangan generatif dan siklus tidur-bangun yang berhubungan dengan tubuh.

Hipotalamus

hipotalamus
Hipotalamus merupakan bagian dari otak manusia yang mengontrol pelepasan hormon utama oleh kelenjar hipofisis. Hipotalamus juga bertanggung jawab untuk menjaga suhu tubuh dan mengendalikan perilaku generatif dan reproduksi. Hipotalamus juga menyediakan link ke sistem saraf pusat melalui kelenjar pituitari. Hipotalamus juga berfungsi dalam mengendalikan rasa lapar, tidur dan kelelahan.

Kelenjar pituitari

pituitary
Kelenjar pituitari adalah salah salah satu kelenjar yang paling penting dalam tubuh manusia dan disebut kelenjar master sistem endokrin. Kelenjar pituitari terletak di dasar otak tetapi tidak dianggap bagian dari otak. Kelenjar pituitari mensekresi hormon yang banyak membantu dalam mengatur homeostasis yaitu keseimbangan metabolisme yang aktif dikelola oleh beberapa mekanisme biologis yang kompleks.

Kelenjar ludah

ludah
Kelenjar eksokrin (kelenjar dengan saluran) yang ditemukan di dekat mulut dan tenggorokan. Fungsi utama dari kelenjar ini adalah untuk mengeluarkan air liur ke dalam mulut untuk membasahi makanan. Kelenjar ludah juga memulai pencernaan dan membantu dalam melindungi gigi dari membusuk. Kelenjar ludah dapat dibagi lagi menjadi kelenjar parotis (terletak di sekitar ramus mandibula), kelenjar submandibula (terletak di bawah rahang bawah) dan kelenjar sublingual (terletak di bawah lidah). Selanjutnya Kelenjar tiroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar