Minggu, 01 Mei 2016

bagian bagian tumbuhan dan fungsinya

ngsi daun pada tumbuhan)
Inilah nama virus tumbuhan yang menyerang bagian daun :

  • Virus mosaik sugarcane yang menyerang tanaman penghasil gula yaitu tanaman  tebu, Tanaman tebu akan terihat daunnya kering dan daging buahnya mengerut. Banyak baagian daunnya yaang berbah warna kuning pucat dan tidak segar.
  • Virus mosaik cucumber yang menyerang tanaman buah mentimun, Menyerang buahnya menjadi warna kekuningan dan banyak tonjolan kecil seperti jerawat dan keadaan daunnya kuning berkeriput, cita rasa dari mentimun jadi hambar.
  • Virus mosaik wheat yang menyerang tanaman gaandum yamg menyebabkan tumbuhan gandum kering
  • Virus mosaik Citrus vein phloem degeneration yang menyerang tanaman jeruk, tidak menghasilkan buah yang segar tetapi berwarna kuning, daunpun ikut mengerut dan menguncup.
  • Virus mosaik tobacco yang menyerang tanaman tembakau, daunnya berlubang dan muncul bercak bercak kuning yang melebar kemana mana hingga tak menyisakan bagian daun yang bagus.
  • Virus mosaik bean menyerang tanaman buncis yang menyebabkan buncis mengecil dengan banyak goresan hitam pada permukaan kubisnya
  • Virus mosaik tungro yang menyerang tanaman padi sehingga tanaman padi menjadi kering dan menghasilkan bulir padi kosong.
Faktor yang mempengaruhi kualitas buah menjadi tidak baik
  1. Ketika menerapkan cara bercocok tanam melakukan kekeliruan atau tidak sesuai prosedur
  2. Menggunakan insektisida secara berlebihan
  3. Adanya serangan serangga dan hama perusak
  4. Kondisi tanah yang mengandung kapur atau unsur logam
  5. Adanya cuaca yang tidak bersahabat seperti puting beliung, badai topan, hujan lebat yang lama berhenti, kemarau yang berkepanjangan
 Faktor yang penyebab tumbuhan mudah mati
  • karena faktor iklim
  • faktor manusia
  • penyerangkan dari eksternal misalnya dari virus atau hama
Dari ketiga faktor tersebut hanya faktor iklim yang kerab mendominasi dalam mempengaruhi produktifitas tumbuhan, Faktor iklim termasuk wilayah geografisnya dan temperatur suhu udara yang terbentuk.Faktor iklim  kemungkinan besar memicu datangnya berbagai macam keluhan tumbuhan seperti kondisi tanah yang kurang subur, suhu terlalu panas atau dingin, sering terjadi hujan atau kemarau yang berkepanjangan atau air tanah yang terkontiminasi dengan zat kapur atau logam dan sebagainya.
Bagian bagian tumbuhan tidak akan bisa berkembangbiak dengan baik  jika memiliki iklim wilayah yang tidak sesuai walaupun sudah mendapatkan fasilitas pupuk, air yang cukup, fotosintetis yang memadai dan perawatan yang lengkap. Bagian bagian tumbuhan akan merespon cepat berupa perubahan warna daun, pertumbuhan menjadi lambat hingga tidak menghasilkan apa-apa ketika faktor iklim tidak bisa beradaptasi dengan baik atau sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar