Minggu, 01 Mei 2016

adaptasi

A. Pengertian Adaptasi

Sebelum membahas tentang bagaimana mahkluk hidup melakukan adaptasi, ada bakinya kita bahas terlebih dahulu oengertian adaptasi itu sendiri.
Adaptasi adalah kemampuan makhluk untuk menyesuaikan  diri dengan lingkungan hidup dimana mereka tinggal. 
Adaptasi sangat diperlukan oleh makhluk hidup di bumi, karena setiap lingkungan dibumi memliki karakteristik yang berbeda – beda. Misalnya saja di lingkungan yang suhu dingin akan berbeda dengan lingkungan yang bersuhu panas. Sehingga makhluk hidup perlu menyesuaikan diri agar mampu bertahan hidup dalam lingkungannya. 
Penyesuaian makhluk hidup ini menyebabkan makhluk hidup memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda pada tiap – tiap lingkungan. Misalnya, beruang kutub memiliki bulu yang lebat untuk melingdungi tubuhnya dari suhu dingin atau unta yang memiliki punuk di bagian punggungnya sebagai penyimpan cadangan air karena hidup di gurun yang sulit untuk menemukan air. 
Lingkungan tempat makhluk hidup berkembangbiak disebut dengan habitat. Pada umunya makhluk hidup yang sudah beradaptasi di llingkungan tertentu akan sulit untuk beradaptasi di lingkungan yang lain. Kecuali manusia yang mampu beradaptasi dengan berbagai lingkungan karena memiliki kemampuan untuk berpikir dan memiliki otak yang digunakan untuk menyesuaikan dengan kemauannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar